Rabu, 14 November 2012


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP  NO. 1.1




Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
Kelas / Semester/TP
:
 X AK (1&2), X (TKJ (1&2) / Ganjil/ 2012/2013
Pertemuan ke
:
1, 2
Alokasi Waktu
:
4 x 45 menit ( 4 jam pelajaran )
KKM
:
65,81
Nilai Karakter Bangsa
:
Bersahabat / komunikatif  (Tindakan yang memperlihatkan senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain), Cinta tanah air, semangat kebangsaan, kreatif, rasa ingin tahu
Standar Kompetensi
:
Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia   setara tingkat  Semenjana.
Kompetensi Dasar  
:
1.1 Menyimak untuk memahami lafal, tekanan, intonasi dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak
Indikator
:
Kognitif
1.       Reaksi kinetik (menunjukkan sikap ingin tahu sambil memperhatikan, mencatat) ditunjukkan terhadap lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak
2.       Komentar atau ungkapan lisan dikemukakan secara komunikatif terhadap lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak baku
3.     Lafal, tekanan, intonasi dan jeda yang baku diekspresikan secara komunikatif.
4.     Kata-kata serapan dan bentukan nonbaku diidentifikasi dan diperbaiki sesuai dengan EYD.
5.     Pengaruh jeda terhadap makna diidentifikasi dan diterapkan untuk mengucapkan dan menuliskan kalimat dengan cermat dan komunikatif.
6.     Fungsi / jabatan unsur kalimat diidentifikasi berdasarkan penjedaannya.
7.     Kalimat nonbaku secara morfologi dan/atau sintaksis diperbaiki menjadi kalimat baku.

Afektif
1.       Munculnya Rasa ingin tahu tentang kekayaan kosa kata dan asal kata bahasa indonesia
2.       Ditemukannya pelafalan kata yang tidak baku secara kreatif
3.       Dihargainya perbedaan logat dalam pelafalan bahasa Indonesia sebagai wujud cinta tanah air

Psikomotor



I.  TUJUAN PEMBELAJARAN
      Melalui model pembelajaran Jigsaw dan Model Group Investigation, Siswa  dapat:
Kognitif
Pertemuan
Siswa  dapat:
1
1.    memberikan reaksi kinetik terhadap lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang tidak lazim/baku dari monolog yang telah disimak;
2.    mengucapkan lafal, tekanan, intonasi dan jeda yang lazim/baku secara komunikatif;
3.     mengidentifikasi kalimat atau bukan berdasarkan intonasi dan kelengkapan unsurnya
4.     mengidentifikasi pengaruh jeda/intonasi terhadap makna kalimat dan menerapkannya untuk mengucapkan dan menuliskan kalimat dengan cermat dan komunikatif. 
5.     mengidentifikasi ketidakbakuan kata serta menuliskannya  dengan ejaan yang baku sesuai dengan EYD;

6.    mengucapkan lafal, tekanan, intonasi dan jeda yang lazim/baku secara komunikatif;
7.    mengidentifikasi jeda sesuai dengan satuan-satuan sintaksis dalam kalimat.
8.     mengidentifikasi fungsi/jabatan unsur kalimat sesuai dengan penjedaan kalimat.
9.     mengidentifikasi lafal/ejaan kata serapan nonbaku serta melafalkan/ menuliskannya menjadi kata serapan yang baku.
2
10.  memberikan reaksi kinetik terhadap lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang  tidak lazim/baku dari teks dialog yang telah disimak;
11.  memberikan komentar atau tanggapan lisan secara komunikatif terhadap lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang tidak lazim/baku;
12.  mengidentifikasi lafal/ejaan kata-kata nonbaku dalam dialog dan melafalkan/menuliskannya secara baku sesuai dengan EYD.
13.  memperbaiki kalimat nonbaku dari segi fonologi/ejaan, pilihan kata, bentuk kata (morfologis) dan sintaksis menjadi kalimat baku;
Evaluasi, pembahasan, penilaian, remedi, pengayaan

Afektif
1.       Rasa ingin tahu tentang kekayaan kosa kata dan asal kata bahasa indonesia
2.       Kreatif menemukan pelafalan kata yang tidak baku
3.       Menghargai perbedaan logat dalam pelafalan bahasa Indonesia sebagai wujud cinta tanah air

Psikomotor

II. MATERI AJAR
        Bahasa termanifestasi dalam bentuk kalimat. Kalimat terdiri dari unsur segmental dan unsur suprasegmental. Unsur segmental berupa rentetan bunyi yang dilambangkan dengan huruf yang diucapkan dengan lafal. Unsur suprasegmental berupa intonasi. Unsur terpenting dalam intonasi adalah : tekanan, nada, durasi, dan jeda/perhentian.
1.  Tekanan
Tekanan/ stress à keras-lembutnya bagian ujaran tertentu.
Dalam  bahasa-bahasa tertentu, tekanan berfungsi untuk membedakan arti. Misalnya, bahasa Arab, /la/ artinya ‘sungguh’ , sedangkan /la/  artinya ‘tidak’ . Dalam bahasa Batak Toba, /bontar/ artinya’putih’, sedangkan /bontar/ artinya ‘darah’. Sedangkan dalam bahasa Indonesia, tekanan diberikan pada kata atau bagian tertentu dari kalimat yang dipentingkan atau dipertentangkan dengan kalimat lain.
Contoh :
-          Buku itu dibeli oleh paman
-          Buku itu dibeli oleh paman



2      Nada
Nada/pitch à naik turun / tinggi rendahnya arus ujaran dalam pelafalan kalimat. Nada tinggi dipakai oleh yang sedang marah, sedangkan nada rendah dipakai oleh orang yang sedanga sedih. Nada memiliki peranan penting dalam pembentukan isi/jenis kalimat. Kalimat berita menggunakan nada akhir menurun, dilambangkan dengan tanda titik (.), Kalimat perintah menggunakan nada mendatar, dilambangkan dengan tanda seru (!). Kalimat Tanya menggunakan nada akhir naik, dilambangkan dengan tanda Tanya (?).
       3.  Durasi
           Durasi à panjang pendeknya waktu yang diperlukan untuk mengucapkan segmen bahasa.
                            Contoh :
-          Lukisan itu indah sekali.
-          Lukisan itu in__dah sekali.
-          Lukisan itu indah__ sekali.

      4. Jeda /Perhentian
             Jeda merupakan kesenyapan antarbagian ujaran yang mengisyaratkan batas-batas satuan ujaran. Kesenyapan-kesenyapan itu dapat membatasi kata, frase, klausa atau kalimat. Dalam bahasa tulis kesenyapan ditandai dengan : garis miring (/), tanda koma (,), titik koma (;), titik dua (J, tanda hubung (-), ataupun tanda pisah (--).

        Secara fungsional unsur-unsur segmental kalimat mengemban suatu fungsi, apakah sebagai subjek (S), predikat (P), objek (O), ataupun keterangan (K). Sebuah kalimat lengkap harus ada S dan P dengan intonasi selesai. Sedangakan kalimat tak lengkap intonasinya terasa tidak selesai.
       
Kalimat Lengkap
Bukan Kalimat lengkap
-          Adegan itu menakjubkan.
-          Menakjubkan adegan itu
-       Adegan yang menakjubkan itu
-       Itu adegan
      Bahasa baku merupakan salah satu variasi bahasa yang pada umumnya mengacu pada bahasa orang terdidik/terpelajar dalam situasi resmi/formal baik lisan maupun tulis dengan tidak menampakkan cirri kedaerahan atau asing.

                Bahasa baku sering digunakan dalam :
1)       Komunikasi resmi, misalnya surat resmi atau dinas, pengumuman resmi,perundang-undangan.
2)       Wacana teknis, misalnya laporan penelitian, makalah, buku keilmuan, tesis, desertasi.
3)       Pembicaraan di lembaga, di sekolah, kuliah, rapat, konferansi, konggres, pidato kenegaraan.
4)       Pembicaraan dengan orang yang dihormati, dengan atasan, pejabat, guru/dosen, dengan orang yang baru dikenal.

Ciri-ciri Bahasa Baku :
1). Menggunakan lafal, tekanan, intonasi yang sesuai dengan sistem bunyi bahasa Indonesia.
2)        Menggunakan penempatan jeda yang sesuai dengan satuan makna/sintaksisnya.
3)        Dalam bahasa tulis, harus sesuai dengan EYD dan Pedoman Pembentukan Istilah.
4)        Menggunakan kata-kata baku yang sesuai dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Menghindari pemakaian bahasa gaul, daerah maupun asing.
5)        Menghindari pemakaian bentuk-bentuk ketatabahasaan yang menyimpang dari kaidah baik morfologi maupun sintaksis.



III. METODE PEMBELAJARAN
Metode Audiolingual à Siswa  menyimak rekaman kalimat ujaran.

IV.  KEGIATAN PEMBELJARAN :
Pertemuan ke-1
Kegiatan
Alokasi Waktu
Guru
Siswa
A.    Kegiatan Awal   :
A.   Kegiatan Awal   :

1)  Menyuruh Siswa  memperkenalkan diri secara bergantian di depan kelas dengan berani dan bersemangat
1) memperkenalkan diri secara bergantian di depan kelas dengan berani dan bersemangat
5
2)  Menjelasan tujuan pembelajaran 
2) menyimak penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini.
2
3)  Memberi motivasi dengan pertanyaan yang berhubungan dengan pelafalan kata/kalimat.
3) Menyimak penjelasan guru
3

B.  Kegiatan Inti    :

B.  Kegiatan Inti    :

1)  Membagi kelompok terdiri dari 4 orang untuk menggali informasi  tentang lafal, tekanan, intonasi dan jeda yang lazim/baku  dan tidak dari  modul dan KBBI untuk menumbuhkan rasa ingin tahu(eksplorasi)
1)  Membentuk kelompok terdiri dari 4 orang untuk menggali informasi  tentang lafal, tekanan, intonasi dan jeda yang lazim/baku  dan tidak dari  modul dan KBBI untuk menumbuhkan rasa ingin tahu(eksplorasi)
3
2)  Memberikan nomor peserta dan membagikan tugas
2)  Mencatat nomor sendiri dan mencatat tugas yang diberikan
3
3)  Memberi/menuliskan pengertian lafal tekanan, intonasi, dan jeda yang terdapat dalam informasi tersebut dengan teliti dan cermat(elaborasi)  
3)  Mencatat pengertian lafal tekanan, intonasi, dan jeda yang terdapat dalam informasi tersebut dengan teliti dan cermat(elaborasi)  
5
4)  Meminta siswa untuk mempelajari materi dan tugas masing-masing
4)    Mempelajari dan mengerjakan tugas
10
5)  Meminta siswa yang bernomor sama untuk membentuk kelompok baru
5)    Membentuk kelompok baru
3
6) Meminta Siswa  berdiskusi untuk menumbuhkan semangat bekerja sama membuat kalimat yang menunjukkan lafal,tekanan, intonasi, dan    jeda yang lazim/baku dan tidak baku (elaborasi)
6)  Berdiskusi untuk menumbuhkan semangat bekerja sama membuat kalimat yang menunjukkan lafal,tekanan, intonasi, dan    jeda yang lazim/baku dan tidak baku (elaborasi)
10
7)  Meminta siswa kembali ke kelompok asal dan menjelaskan hasil pekerjaannya secara bergiliran
7)   kembali ke kelompok asal dan menjelaskan hasil pekerjaannya secara bergiliran
21
8) Memperdengarkan pembacaan/ rekaman monolog/dialog yang bertemakan sosial dengan seksama (eksplorasi)
8)  secara berkelompok menyimak monolog/dialog yang bertemakan sosial dengan seksama (eksplorasi)
5
9) Menugaskan Siswa  mencatat  lafal tekanan, intonasi, dan jeda  yang tidak baku berdasarkan informasi yang disimak dengan teliti(elaborasi)
9)   Siswa  mencatat  lafal tekanan, intonasi, dan jeda  yang tidak baku berdasarkan informasi yang disimak dengan teliti(elaborasi)
5
10) Menuliskan/mencatat beberapa kalimat yang disusun di depan kelas, dan peserta yang lain menanggapi dengan menghargai pendapat peserta lain. (konfirmasi)
10)  Siswa menyampaikan kalimat yang disusun di depan kelas, peserta yang lain menanggapi dengan menghargai pendapat peserta lain. (konfirmasi)
5

C. Kegiatan Akhir         :  

C. Kegiatan Akhir         :  

Siswa dengan dipandu guru merumuskan lafal,tekanan, intonasi, dan    jeda.
Siswa dengan dipandu guru merumuskan lafal,tekanan, intonasi, dan    jeda.
10
Jumlah Waktu yang dibutuhkan
90


Pertemuan Ke-2
Kegiatan
Alokasi Waktu
Guru
Siswa
A.    Kegiatan Awal   :
A.   Kegiatan Awal   :

1)    Menjelasan tujuan pembelajaran 
1)   menyimak penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini.
3
2)  Memberi motivasi dengan pertanyaan yang berhubungan dengan lafal, tekanan, intonasi dan jeda yang baku dan tidak baku.
2) Menyimak penjelasan guru
5

B.    Kegiatan Inti

B.   Kegiatan Inti

1)    Menugaskan Siswa  membentuk kelompok diskusi yang terdiri dari 4 orang
1)    Membentuk kelompok yang terdiri dari 4 orang
3
2)    Meminta Siswa  mendiskusikan  lafal,tekanan, intonasi, dan    jeda tidak baku yang ditemukan. (elaborasi)
2)    Siswa mendiskusikan  lafal,tekanan, intonasi, dan    jeda tidak baku yang ditemukan. (elaborasi)
4
3)    Menugaskan Siswa mengubah lafal, tekanan, intonasi dan jeda yang tidak baku menjadi baku (elaborasi)
3)   Siswa mengubah lafal, teknan, intonasi dan jeda yang tidak baku menjadi baku (elaborasi)
6
4)    Siswa mempresentasikan hasil diskusinya dengan memberikan argumen untuk menumbuh rasa tanggung jawab Siswa tentang penyebab ketidakbakuan lafal, tekanan, intonasi dan jeda yang ditemukan. (konfirmasi)
4)   Siswa mempresentasikan hasil diskusinya dengan memberikan argumen untuk menumbuh rasa tanggung jawab Siswa tentang penyebab ketidakbakuan lafal, tekanan, intonasi dan jeda yang ditemukan. (konfirmasi)
8
5)    Siswa yang lain menanggapi dengan berani dan sopan.
5)   Siswa yang lain menanggapi dengan berani dan sopan.
5

C. Kegiatan Akhir :  

C. Kegiatan Akhir   :  

1)    Siswa dengan dipandu guru merumuskan lafal,tekanan, intonasi, dan    jeda.
1)    Siswa dengan dipandu guru merumuskan lafal,tekanan, intonasi, dan    jeda.
5
2)    Meminta siswa mempersiapkan diri mengikuti ulangan harian
2)    Mempersiapkan diri
2
3)    Menyampaikan tata tertib ujian
3)    Menyimak
2
4)    Melaksanakan ujian
4)    Mengerjakan soal ujian
40
5)    Mengumpulkan lembar jawaban siswa
5)    Mengumpulkan lembar jawaban ujian
2
6)    Mengulas secara singkat jawaban ujian
6)    menyimak
5
  Jumlah Waktu yang dibutuhkan
90

V. ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR :
  Alat                            : LCD, Laptop
  Bahan                        : Rekaman
  Sumber   : Modul I A, EYD


VI. PENILAIAN
  1. Simaklah rekaman A.1.1.a dan tentukan mana yang merupakan kalimat dan mana yang bukan kalimat.
Isi rekaman A.1.1.a
No
Ujaran
Kalimat/Bukan
1
Penonton itu terkejut

2
Terkejut penonton itu

3
Penonton yang terkejut itu

4
Tanah ini milik negara

5
Ini tanah milik negara

6
Tanah yang milik negara ini

7
Pertemuan itu bertujuan membahas kenakalan remaja

8
Pertemuan yang bertujuan membahas kenakalan remaja itu

9
Itu pertemuan yang bertujuan membahas kenakalan remaja

10
Dalam seminar yang membahas krisis ekonomi itu


  1. Simaklah rekaman A.1.1.b dan jawablah pertanyaannya sesuai dengan kalimat ujarannya Isi rekaman A.1.1.b

No
Ujaran
Pertanyaan
Jawaban
1 a.
Perusahaan itu pailit. Semua karyawan di PHK
Berapa kalimat ?

   b.
Perusahaan itu pailit, semua karyawan di PHK
Berapa kalimat ?

2 a.
Ibu membeli mie ayam dan telor.
Ibu membeli berapa barang ?

   b.
Ibu membeli mie, ayam dan telor.
Ibu membeli berapa barang ?

3 a.
Adik minum es.
Kalimat berita atau Tanya ?

   b.
Adik minum es?
Kalimat berita atau Tanya ?

4 a.
Pergilah sekarang juga.
Kalimat kasar atau halus ?

  b.
Pergilah sekarang juga!
Kalimat kasar atau halus ?

5 a.
Yang menulis biografi, kakak saya.
Siapa penulisnya ?

   b.
Yang menulis biografi kakak,  saya.
Siapa penulisnya ?

C. Simaklah rekaman A.1.1.j  Catatlah kata-kata yang tidak baku dan tentukan letak ketidakbakuan dialog tersebut.
  1. Simaklah rekaman A.1.1.h dan tentukan batas-batas satuan makna/sintaksisya dengan memberi tanda jeda(/) !

VII. KUNCI JAWABAN
        Rekaman A1.1a
A.      1.   Kalimat                                          6.   Bukan
2.   Kalimat                                          7.   Kalimat
3.   Bukan                                            8.   Bukan
4.   Kalimat                                          9.   Kalimat
5.        Kalimat                                       10.  Bukan

Rekaman A1.1b
B.      1 a.  Dua kalimat                                b.  Satu kalimat
        2 a.  Dua macam barang                     b. Tiga macam barang
        3 a.  Kalimat berita                             b.  Kalimat tanya
      4 a.  Kalimat halus                               b.  Kalimat kasar
      5 a.  Kakak saya                                    b.  Saya

Rekaman A1. 1.j
C.    Daftar Kata Nonbaku

Kata Nonbaku

Ketidakbakuan

Sih
Gaul
Jeneral
Asing
Action
Asing
Udah
Gaul
Efektipkan
Lafal
Tumpas kelor
Kedaerahan
Nyuri
Gaul
Gimana
Gaul
Recovery
Asing
Commit
Asing
Jadi
Gaul
Tehnologi
Lafal
Haturkan
Kedaerahan
Cindramata
Lafal

Rekaman A.1.1.h
    D.  1.   Pemerintah / bertekad menegakkan  /  supremasi hukum.
      2.. Tiap hari / tukang sadap itu / memanjati / puluhan pohon kelapa.
3.  Air terjun  / menggerakkan / turbin pembangkit listrik / sepanjangwaktu.
4.   Laut / menyediakan / berbagai macam kebutuhan hidup manusia.
5.   Para pahlawan / telah merelakan / nyawa mereka / untuk kemerdekaan.
6.   D iera global / persaingan / diberbagai sektor usaha / akan sangat ketat.
7.   Anjloknya nilai rupiah / menyebabkan / banyak perusahaan gulung tikar.
8.   Ketika hujan turun / kami / berteduh / di sebuah gubuk bamboo.
                9    Pemilu yang jujur dan adil / akan melahirkan / pemimpin yang baik.
   10.   Selama lebih dari tiga ratus tahun / bangsa kita / hidup dalam tekanan penjajah.
Pedoman Penilaian           
Jumlah jawaban betul   X 100 = Nilai
Jumlah soal

Mengetahui,
Kepala Sekolah


Gusar Siringoringo, S.Pd

Aekkanopan,    Juni 2012
Guru Mata Pelajaran


Kamaluddin, S.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar