RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : X
SEMESTER : 1
A.
STANDAR
KOMPETENSI :
Mendengarkan
: 1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak
langsung
B.
KOMPETENSI
DASAR :
1.1
Menanggapi siaran atau informasi dari
media elektronik (berita dan
nonberita)
C.
MATERI
PEMBELAJARAN :
Siaran (langsung) dari radio/ televisi, teks yang dibacakan, atau rekaman berita/
nonberita
·
Pokok-pokok isi berita
·
penangapan isi berita
D.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/ Ekonomi
Kreatif
|
1
|
Menuliskan
isi siaran radio/ televisi dalam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut
dan mudah dipahami.
|
·
Bersahabat/ komunikatif
·
Tanggung
jawab
|
·
Kepemimpinan
|
2
|
Menyampaikan
secara lisan isi berita yang telah ditulis
secara runtut dan jelas
|
||
3
|
Mengajukan
pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui,
menolak, menambahkan pendapat)
|
E.
TUJUAN
PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat:
·
Menuliskan
isi siaran radio/ televisi dengan topik tertentu dalam beberapa kalimat dengan
urutan yang runtut dan mudah dipahami.
·
Menyampaikan
secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtut dan jelas.
·
Mengajukan
pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak,
menambahkan pendapat)
·
Menanggapi
berita dengan menggunakan alasan dan bahasa yang rasional dan logis.
F.
METODE
PEMBELAJARAN :
§
Penugasan
§
Diskusi
§
Tanya
Jawab
§
Unjuk
kerja
§
Ceramah
§
Demonstrasi
G.
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami siaran atau cerita yang
disampaikan secara langsung /tidak langsung.
·
Menuliskan
isi siaran radio/ televisi dengan topik tertentu dalam beberapa kalimat
dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
·
Mengajukan
pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui,
menolak, menambahkan pendapat)
|
·
Mencari
Siaran (langsung)
dari radio/ televisi, teks yang
dibacakan, atau rekaman berita/ nonberita
·
Menanggapi
berita dengan menggunakan alasan dan bahasa yang rasional dan logis.
|
·
Siswa
berlatih mendiskripsikan Siaran (langsung) dari radio/ televisi, teks yang dibacakan, atau rekaman berita/
nonberita
· Siswa Menuliskan
isi berita .
|
H.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No.
|
Kegiatan Belajar
|
Nilai Budaya Dan Karakter
Bangsa
|
1.
|
Kegiatan Awal :
F
Guru menjelaskan Tujuan
Pembelajaran hari ini.
F Membentuk kelompok diskusi
|
Bersahabat/ komunikatif
|
2.
|
Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F
Mendengarkan berita tentang
bencana alam ( Misal: semburan lumpur panas Lampindo-Porong-Sidoharjo, pascagempa
dan tsunami Aceh)
F
Menyampaikan secara lisan isi
berita secara bergantian
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F
Menuliskan isi berita dalam
beberapa kalimat
F
Mendiskusikan isi berita
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F
Menyimpulkan tentang hal-hal
yang belum diketahui
F
Menjelaskan tentang hal-hal yang
belum diketahui.
|
Tanggung jawab
|
3.
|
Kegiatan Akhir :
F
Refleksi
F
Guru menyimpulkan pembelajaran
hari ini.
|
Bersahabat/ komunikatif
|
I.
ALOKASI
WAKTU :
4 x
40 menit
J.
SUMBER
BELAJAR/ALAT/BAHAN :
·
Radio/ tape
·
Televisi
·
CD salinan berita atau kaset rekaman
K.
PENILAIAN
:
Jenis
Tagihan:
§ Tugas individu
§ Ulangan
Bentuk
Instrumen:
§ Uraian bebas
§ Pilihan ganda
§
Jawaban singkat
Mengetahui, 2011
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP.
NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar