Melakukan Prosedur Administrasi - 9
Sebagai seorang pencari kerja perlu persiapan–persiapan
di antaranya mencari informasi adanya lowongan, membuat surat lamaran,
menyiapkan lampiran-lampiran, selanjutnya mengirim atau menyerahkan
lamaran kepada pihak kantor atau perusahaan yang dituju.
Surat Lamaran Pekerjaan Surat lamaran pekerjaan adalah surat yang dibuat seseorang ( pelamar ) yang ditujukan kepada kantor atau perusahaan tertentu guna mendapatkan pekerjaan sesuai dengan lowongan pekerjaan yang ditawarkan.
Selanjutnya lamaran siap dikirim atau
diserahkan dan yang perlu diperhatikan adalah waktu pengiriman atau
penyerahan lamaran jangan sampai melewati batas waktu penerimaan
lamaran.
Surat Perijinan Surat Perijinan adalah surat yang ditulis seseorang yang isinya menyangkut permohonan ijin kepada pihak tertentu untuk mendapatkan ijin yang dimaksudkan.
1. Surat ijin untuk tidak masuk kerja / sekolah
2. Surat ijin untuk mengadakan keramaian / hajatan kepada RT atau Lurah dan sebagainya
Surat lamaran termasuk
surat pribadi. Pengertian surat pribadi adalah surat yang dibuat oleh
seseorang yang isinya menyangkut kepentingan pribadi. Sedangkan yang
termasuk surat pribadi adalah :
a. Surat keluarga
b. Surat lamaran pekerjaan
c. Surat perijinan
a. Surat keluarga
b. Surat lamaran pekerjaan
c. Surat perijinan
Surat Keluarga
Surat keluarga adalah surat yang dibuat seseorang yang isinya
menyangkut kepentingan pribadi atau keluarga.
Surat
keluarga biasanya dibuat oleh anak kepada orangtuanya karena dalam
perantauan (misalnya kuliah atau bekerja di tempat yang jauh), bisa juga
surat dari saudara yang satu dengan yang lain dan berlainan tempat.
Contoh :
Surat Lamaran Pekerjaan Surat lamaran pekerjaan adalah surat yang dibuat seseorang ( pelamar ) yang ditujukan kepada kantor atau perusahaan tertentu guna mendapatkan pekerjaan sesuai dengan lowongan pekerjaan yang ditawarkan.
Untuk membuat
surat lamaran pekerjaan perlu memperhatikan tahap-tahapnya yaitu :
1. Sumber informasi
2. Pedoman penulisan
3. Lampiran yang diminta
4. Proses pengajuan surat lamaran
1. Sumber informasi
2. Pedoman penulisan
3. Lampiran yang diminta
4. Proses pengajuan surat lamaran
Sumber Informasi
Saat ini sangat
banyak informasi lowongan pekerjaan yang dapat diperoleh dengan mudah
dari berbagai sumber informasi tinggal bagaimana seorang pencari kerja
dapat memanfaatkan berbagai sumber yang ada. Sumber informasi lowongan
pekerjaan tersebut di antaranya dari :
1. Iklan Surat Kabar, Radio, Televisi atau Internet
2. Pengumuman yang berasal dari kantor/perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja
3. Pengumuman dari DEPNAKER
4. Pegawai kantor atau perusahaan, dan sebagainya
1. Iklan Surat Kabar, Radio, Televisi atau Internet
2. Pengumuman yang berasal dari kantor/perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja
3. Pengumuman dari DEPNAKER
4. Pegawai kantor atau perusahaan, dan sebagainya
Pedoman
Penulisan Surat Lamaran
- Surat
lamaran dapat ditulis tangan oleh pelamar dengan kertas folio bergaris
tetapi tidak boleh pada halaman bolak-balik atau diketik dengan kualitas
kertas yang baik (HVS minimal 60 gram) dengan jarak baris 1,5 spasi.
Pada bagian tanda tangan surat lamaran seringkali suatu kantor khususnya kantor pemerintah menghendaki perlunya dibubuhi materai.
- Isi surat lamaran terdiri dari :
a. Tempat dan tanggal surat
b. Alamat surat
c. Perihal
d. Salam pembuka
e. Kalimat pembuka
f. Data pribadi g. Data lampiran
h. Kalimat penutup
i. Kata penutup
j. Tanda tangan dan nama jelas
k. Materai jika diminta
Lampiran
Surat Lamaran
Lampiran surat lamaran
disesuaikan dengan permintaan dari sumber informasi dan penyusunannya
diurutkan kecuali untuk pas foto dan foto copy bisa diletakkan di atas
susunan lamaran, bisa juga pelamar menambahkan persyaratan lain yang
sifatnya melengkapi syarat yang sudah ada agar lebih bisa menjadi bahan
pertimbangan.
Apabila sumber informasi lowongan
kerja tidak mencantumkan/meminta syarat secara lengkap biasanya pelamar
melengkapi surat lamarannya dengan melampirkan :
1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto Copy Ijasah
3. Foto Copy KTP dan
4. Pas foto
1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto Copy Ijasah
3. Foto Copy KTP dan
4. Pas foto
Proses Pengajuan
Apabila
surat lamaran sudah dibuat dan semua lampiran sudah siap maka langkah
selanjutnya adalah dikemas atau dimasukkan ke dalam map atau amplop dan
di halaman muka ditulis alamat kantor atau perusahaan yang dituju dan
perihalnya. Contoh :
Surat Perijinan Surat Perijinan adalah surat yang ditulis seseorang yang isinya menyangkut permohonan ijin kepada pihak tertentu untuk mendapatkan ijin yang dimaksudkan.
Selain
surat bersifat pribadi kepada instansi atau kantor tempat kerja
seseorang, surat ijin juga diperlukan untuk mendapatkan ijin dari pihak
pihak tertentu apabila seseorang atau sebuah keluarga ingin mengadakan
suatu kegiatan atau keramaian di masyarakat hal ini dimaksudkan agar
jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan pihak tersebut bisa ikut
bertanggung jawab.
Contoh :1. Surat ijin untuk tidak masuk kerja / sekolah
2. Surat ijin untuk mengadakan keramaian / hajatan kepada RT atau Lurah dan sebagainya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar